Kelebihan Knalpot Racing Kekurangan Knalpot Racing

Kelebihan knalpot racing - saat ini keberadaan knalpot racing tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita,bahkan orang awam sekalipun sudah tahu yang mana knalpot racing dan yang mana knalpot standar non racing. Knalpot jenis racing ini dulunya hanya di gunakan oleh kendaraan balap, namun saat ini knalpot racing sudah banyak yang diaplikasikan ke kendaraan non balap sebagai penunjang penampilan yang lebih ciamik oleh si penggunanya.

 saat ini keberadaan knalpot racing tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita Kelebihan Knalpot Racing Kekurangan Knalpot Racing


Fungsi knalpot

Fungsi knalpot sebenarnya adalah sebagai peredam suara ledakan dari proses pembakaran didalam ruang mesin, serta menyaring gas gas beracun sebelum gas sisa hasil pembakaran tadi dibuang ke udara bebas. Pada knalpot standar bawaan pabrikan biasanya sudah mampu melakukan hal itu semua yakni meredam suara bising serta menyaring senyawa gas beracun, namun untuk knalpot jenis racing tidak semuanya memiliki fitur tersebut.


Knalpot racing pun juga memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan, berikut adalah beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh knalpot jenis racing yang bisa kalian ketahui.

Kelebihan knalpot racing

Penggantin knalpot dari standar ke mode racing tentu saja bisa meningkatkan performa dari mesin kendaraan yang digunakan, bahkan dengan mengganti knalpot racing tenaga motor bisa meningkat satu atau dua HP bahkan lebih, tentunya selain melakukan penggantian knalpot kita juga harus menyetting ulang sistem pengapian yang ada. Hal ini dikarenakan pada knalpot jenis racing tidak terdapat perangkat yang rumit layaknya knalpot standar, sehingga sisa gas buang bisa langsung dibuang ke udara bebas tanpa ada efek tekanan balik dari dalam knalpot yang nantinya malah mempengaruhi performas mesin. Jika digunakan dengan kecepatan yang sesuai, menggunakan knalpot racing bisa lebih menghemat konsumsi bahan bakar. Dan kelebihan lain dari penggunaan knalpot racing ini adalah menambah penampilan menjadi makin stylis, keren dan tentu saja hal ini akan mendongkrak rasa percara diri dan kebanggaan diri sebagai pemilik motor.


Kekurangan knalpot racing

Kekurangan dari knalpot racing yang pertama adalah menimbulkan suara berisik saat motor digunakan sehingga akan sangat mengganggu orang disekitar anda bila motor tersebut digunakan di perkampungan, jika digunakan di sirkuit balap sih tidak akan jadi masalah. Kekurangan selanjutnya untuk knalpot jenis racing yang tanpa dilengkapi dengan katalik konverter tentu saja sisa gas buang yang masih mengandung racun tidak bisa di netralisir, dampaknya tentu pencemaran lingkungan.
Untuk knalpot racing yang berkualitas harganya sangat mahal sekali namun aman digunakan untuk mesin motor anda, sedangkan untuk knalpot racing berkualitas rendah dapat beresiko merusak komponen dalaman mesin sepeda motor anda.

Baca juga : Penyebab knalpot bunyi tek tek saat mesin dimatikan

Mitos knalpot racing bikin boros bahan bakar, benarkah ?

Sebenarnya banyak orang yang salah kaprah tentang mitos yang banyak beredar di masyarakat mengenai penggunaan knalpot racing yang bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, padahal tidak demikian, justru dengan menggunakan knalpot racing tingkat konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Yang membuatnya terlihat lebih boros adalah karena faktor si pengendaranya yang membetot gas secara ugal ugalan yang dalam bahasa jawa nya di bleyer, tentu saja hal ini dilakukan agar suara knalpotnya didengar orang. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai mitos knalpot racing bikin boros bahan bakar sudah kami ulas di kesempatan sebelumnya di link berikut ini :

Baca juga : Penjelasan mitos knalpot racing bikin boros bahan bakar

Nah itulah tadi yang bisa kami sampaikan mengenai kelebihan serta kekurangan dari knalpot racing pada kendaraan, khususnya kendaraan roda dua, semoga bermanfaat dan salam otomotif.



Post a Comment for "Kelebihan Knalpot Racing Kekurangan Knalpot Racing"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi