Indikator ABS Nyala Apakah Aman Tidak Diperbaiki ?

Sensor ABS menyala - banyak sekali orang yang mulai panik bilamana mendapati lampu indikator ABS yang menyala terus, karena memang untuk kondisi normalnya lampu indikator ABS ini seharusnya mati setelah beberapa detik saat kunci kontak di On kan.

 banyak sekali orang yang mulai panik bilamana mendapati lampu indikator ABS yang menyala  Indikator ABS Nyala Apakah Aman Tidak Diperbaiki ?

Lalu apakah dengan menyala nya indikator ABS di dasboard mobil secara terus menerus ini berbahaya ? Jawabnya tidak karena menyala nya lampu indikator ABS ini menandakan adanya malfungsi pada sistem ABS mobil, dimana sistem ABS inilah yang nantinya mengatur proses pengereman pada roda roda agar tidak mengunci saat mobil di rem mendadak di permukaan jalan yang licin.

Baca juga : Beli mobil lebih utamakan ABS atau Airbag ?

Dengan menyalanya lampu ABS, otomatis sistem ABS menjadi tidak dapat berfungsi atau bekerja sebagaimana mestinya. Yang seharusnya mobil dapat berbanuver dengan baik ketika mobil melintas diatas permukaan jalan dan di rem secara tiba tiba, menjadi tidak bisa layaknya mobil biasa yang tidak menggunakan rem ABS.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi gambar dibawah antara mobil yang menggunakan ABS dan tidak.

 banyak sekali orang yang mulai panik bilamana mendapati lampu indikator ABS yang menyala  Indikator ABS Nyala Apakah Aman Tidak Diperbaiki ?

Jadi bila ada mobil yang menggunakan sistem rem ABS kemudian bermasalah pada sistem ABS nya, ya seolah olah mobil tersebut seperti mobil yang tidak menggunakan ABS, itu saja tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Yang perlu kalian ingat adalah ketika ABS mobil mengalami masalah, perlu kehati - hati saat melakukan pengereman, terutama melakukan pengereman di permukaan jalanan yang licin secara mendadak. Kalian perlu melakukan proses ABS seara manual agar mobil tidak meluncur ketika di rem mendadak di atas permukaan jalanan yang licin, yakni harus mengerem - lepas - rem - lepas perlahan.

Baca juga : Ini kelebihan rem ABS dan rem NON ABS yang perlu kamu tahu

Jika ada diantara kalian yang indikator ABS  menyala terus di dasboard mobil, jangan panik karena kita tetap bisa mengendarai mobil dengan normal. Untuk menghilangkan atau mematikan lampu indikator ABS kalian bisa membawa unit mobil ke bengkel resmi terdekat untuk dicari penyebabnya dan dilakukan penanganan dengan tepat. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Baca menarik lainnya : Masalah yang sering menyerang rem mobil dan mengatasinya



Post a Comment for "Indikator ABS Nyala Apakah Aman Tidak Diperbaiki ?"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi