Penting Knalpot Bocor Bikin Performa Mesin Turun

Bahaya knalpot mobil bocor - menurunnya performa mesin mobil yang menjadi kurang bertenaga tidak melulu dikarenakan adanya masalah di bagian mesinnya, beberapa hal yang sangat sepele seperti adanya kebocoran pada sistem saluran gas buang alias knalpot pun bisa mempengaruhi performa kendaraan loh.

 menurunnya performa mesin mobil yang menjadi kurang bertenaga tidak melulu dikarenakan ad Penting Knalpot Bocor Bikin Performa Mesin Turun
Knalpot bocor akibat getaran berlebih pada mesin


Secara teknis knalpot yang mengalami kebocoran bisa membuat berkurangnya pemanfaatan suhu panas yang dihasilkan oleh mesin, karena hampir 25 persen suhu panas yang berasal dari mesin ini dimanfaatkan kembali menjadi tenaga, yang tentunya melalui sejumlah proses yang rumit. Dengan adanya kebocoran di sistem saluran gas buang, suhu panas dan kecepatan udara yang mengenai sensor oksigen menjadi tidak sesuai. Ketidak sesuaian informasi yang diperoleh oleh ACU kendaraan melalui sensor sensor pembacanya inilah yang menyebabkan tenaga mesin menjadi berkurang.

Selain menyebabkan tenaga mesin berkurang, kebocoran knalpot ini juga bisa menyebabkan polusi suara, yakni timbulnya suara yang sangat berisik sekali ketika kendaraan di gas.

Kebocoran knalpot

Kebocoran pada saluran gas buang ini dipengaruhi oleh banyak faktor yang diantaranya adalah karena faktor usia kendaraan, faktor lingkungan yang terlalu asam dan tinggi kadar garamnya, serta karena faktor perawatan yang kurang bagus, misalnya saja mesin mobil yang pincang dan tidak diperbaiki, akan membuat getaran mesin merembet sampai ke bagian bushing penyangga knalpot dan membuat bagian tersebut jebol.

Bila knalpot kendaraan sudah mengalami kebocoran maka alangkah baiknya dilakukan perbaikan seperti melakukan penambalan dan pengelasan jika masih bisa diperbaiki, atau dilakukan penggantian komponen yang baru jika memang kerusakan tersebut tidak bisa diakali lagi.

Baca juga : Benarkah ganti sistem knalpot mobil bisa menambah tenaga mesin ?

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa knalpot yang bocor membuat tenaga mesin menjadi menurun, semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.


Post a Comment for "Penting Knalpot Bocor Bikin Performa Mesin Turun"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi